spacer.png, 0 kB
spacer.png, 0 kB
Home arrow General Info arrow Ikan, Baik Untuk Jantung Juga Basmi Jerawat
Ikan, Baik Untuk Jantung Juga Basmi Jerawat
17 Maret 2005 16:18:51

Ikan, sahabat kesehatan. Membentengi tubuh dari penyakit jantung, juga dapat mengatasi jerawat. Apa sih yang membuat ikan sedemikian bergunanya bagi tubuh kita?

Penelitian membuktikan bahwa penyakit jantung 'enggan' mendatangi orang-orang Eskimo, karena orang Eskimo telah membentengi diri mereka dengan mengonsumsi ikan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan dalam jumlah memadai ternyata memiliki risiko lebih kecil megidap gangguan kardiovaskular. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu membersihkan racun-racun di jantung dan tubuh dengan meningkatkan proses antikoagulasi (anti penggumpalan) darah. Caranya, dengan mengurangi penggumpalan abnormal yang terjadi yang dapat memblokade pemuluh darah arteri dan mengeraskan dinding pembuluh darah gangguannya disebut dengan arteriosklerosis.

Penelitian juga menunjukkan bawah asam lemak omega-3 memberikan efek positif, baik dalam mengatasi artritis, asma, bahkan jerawat dan depresi. Terutama, asam lemak omega-3 berguna untuk menyehatkan jantung. Bahkan, American Heart Association merekomendasikan agar memakan tuan dan ikan lainnya minimal dua kali per minggu.

Profesor dr. William Lands, guru besar di bidang kimia biologi dari University of Illinois di Chicago, menemukan bahwa minyak ikan juga menurunkan tekanan darah, kadar trigliserida dan memiliki efek antiinflamasi.

Dokter Alexander Leaf, mengatakan bahwa minyak ikan juga mencegah terjadinya irama jantung yang abnirmal dan seringkali berakibat fatal. Ini diakibatkan adanya hambatan pembuluh darah ke jantung (arteriosklerosis). Minyak ikan dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah, dan mencegah penimbunan kolesterol di dinding pembuluh darah.

Tapi dengan makan ikan saja bukan berarti Anda lantas bebas dari problem kesehatan. Untuk Mendapatkan manfaat dari makan makan ikan Anda harus mengikuti aturannya:

  • Cobalah makan ikan beberapa kali seminggu
  • Ganti menu 'lama' Anda yang terdiri dari makan sarat lemak dan kolesterol dengan variasi menu ikan.
  • Sumber asam lemak omega-3 yang bagus diantaranya: ikan herring, sardin, halibut, sablefish, salmo, tuna, mackerel, lake trout, dan bluefish.

Diantaranya jenis ikan di atas, tuna merupakan salah satu ikan yang relatif mudah didapatkan. Selain kaya omega-3, tuna mengandung banyak nutrisi esesnsial bagi tubuh. Tuna juga kaya akan protein dan mengandung amat sedikit lemak jenuh, sehingga sudah barang tentu lebih menyehatkan.

Cara maksimal meraup manfaat ikan

  • Cara terbaik untuk mengolah ikan adalah dengan mengukus atau memanggangnya.
  • Sebaiknya, hindari konsumsi ikan di restoran cepat saji untuk menu sehat Anda. Pasalnya masakan ikan di sana seringkali disajikan dengan cara digoreng dan dilapisi tepung.
  • Sebaiknya dapatkan sumber asam lemak omega-3 langsung dari ikan ketimbang dari suplemen berisi asam lemak omega-3 langsung dari ikan ketimbang dari suplemen. Menurut ahli, beberapa jenis suplemen berisi asam lemak omega-3 juga mengandung vitamin A dan D dosis tinggi, yang mungkin berbahaya jika dikonsumsi berlebih.
  • Kalaupun Anda hendak mengonsumsi suplemen berupa minyak ikan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Bagi Anda pengidap diabetes atau penyakit lain yang berkaitan dengan perdarahan, penggunaan suplemen minyak ikan hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Sumber : Majalah HealthToday
 
< Prev   Next >
spacer.png, 0 kB
spacer.png, 0 kB
spacer.png, 0 kB